Artikel Berita

Upaya WHO Menghentikan Obesitas Anak: Pertemuan Kelompok Kerja untuk Pertama

Tercatat:  Rabu, Oktober 29, 2014

Prevalensi obesitas pada anak meningkat di seluruh dunia, dengan implikasi serius bagi kesehatan mereka di kemudian hari. Mengurangi obesitas saat ini merupakan target yang penting bagi WHO sebagai bagian dari strategi untuk mempromosikan harapan hidup sehat, tidak hanya untuk anak-anak hari ini, tetapi juga untuk generasi berikutnya. 

Untuk membantu saran tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah membentuk Kelompok Kerja ad hoc pengetahuan dan bukti penelitian untuk mengakhiri obesitas anak. Kelompok ini terdiri dari akademisi, peneliti dan ahli di berbagai bidang yang berkaitan dengan obesitas. 

Kelompok ini bertemu untuk pertama kalinya pada bulan Juni, di Jenewa untuk mengeksplorasi topik secara rinci dan menentukan solusi terbaik untuk keberhasilan penanganan obesitas. 

Selama diskusi, mereka mempelajari berbagai penelitian siklus kehidupan. Penelitian menunjukkan bahwa intervensi pada awal kehidupan, ketika kondisi biologis dalam keadaan  paling 'plastik' dan lebih mudah menerima perubahan, cenderung memiliki efek berkelanjutan pada kesehatan, terutama karena mereka dapat mempengaruhi tanggapan terhadap tantangan di kemudian hari seperti hidup di lingkungan obesogenic. 

Intervensi ditujukan untuk mencegah obesitas karena itu akan menyebabkan penurunan komorbiditas pada anak-anak dan pengurangan beban jangka panjang terhadap penyakit tidak menular.(http://www.nestlenutrition-institute.org/Events/All_Events/Pages/78th-Nestl%C3%A9-Nutrition-Institute-Workshop.aspx

Mengingat konsensus politik yang kuat untuk tindakan pada tahap awal kehidupan dan kombinasi manfaat langsung dan tidak langsung jangka pendek dan efek jangka panjang dalam pencegahan primer penyakit tidak menular (NCD), ada argument social ekonomi yang kuat untuk melakukan tindakan tersebut. 

Jika obesitas pada masa anak-anak berhasil diatasi, manfaat yang diperoleh akan mencakup perbaikan di bidang kesehatan ibu dan anak, sumberdaya manusia yang lebih besar melalui prestasi akademik pada anak muda hari ini dan di generasi berikutnya, peningkatan produktivitas, umur panjang, dan kesehatan dan modal kekayaan di banyak negara. Mengatasi obesitas dengan demikian memiliki dasar logika yang relevan. 

Pengetahuan ilmiah baru menawarkan kesempatan baru untuk intervensi dalam periode pra-konsepsional, (http://www.nestlenutrition-institute.org/Events/All_Events/Pages/80th-Nestl%C3%A9-Nutrition-Institute-Workshop.aspx)  masa bayi dan masa kanak-kanak dapat melengkapi intervensi kesehatan ibu dan anak yang ada dan berpotensi meningkatkan efektivitas mereka. Namun, perlu ada panduan yang jelas tentang apa kombinasi intervensi yang paling efektif dalam konteks yang berbeda di seluruh dunia dan kelompok kerja ini akan terus bekerja menuju terciptanya pedoman tersebut. 

Kelompok kerja mengidentifikasi sejumlah kesenjangan penelitian dan bidang yang memerlukan studi lebih lanjut, yang berusaha untuk diatasi sebelum mengirimkan laporan akhir kepada The Commission on Ending Childhood Obesity.

Ending Childhood Obesity working group first meeting report (http://who.int/end-childhood-obesity/echo-final-report-august-2014.pdf)