Artikel Berita

The Milky Way untuk Jantung Sehat

Tercatat:  Rabu, Nopember 26, 2014

Mencari diet untuk jantung sehat? Pastikan untuk menyertakan susu dalam diet harian anda.

Studi terbaru menemukan bahwa konsumsi sekitar 5 porsi produk olahan susu dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke.

Hasil studi menunjukkan peningkatan konsumsi produk olahan susu berhubungan dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, terutama stroke yang lebih rendah. Menurut studi yang diterbitkan di Journal of American College of Nutrition, untuk mendapatkan manfaat tersebut perlu adanya konsumsi sejumlah kecil produk olahan susu seperti yogurt dan keju setiap harinya.

Studi panjang selama dua dekade menganalisa dampak dari produk olahan susu pada kesehatan dan umur panjang di antara 4000 orang Taiwan. Para peneliti menemukan bahwa pada individu dengan konsumsi produk olahan susu 3-7 kali seminggu lebih dapat bertahan dari serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi produk olahan susu. Mereka juga menemukan pada individu yang tidak mengkonsumsi produk olahan susu, hal yang umum di kalangan penduduk Taiwan, dilaporkan memiliki tekanan darah lebih tinggi, indeks massa tubuh lebih tinggi dan perlemakan tubuh lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengkonsumsi.

Menurut para peneliti, spektrum luas dari nutrisi yang terkandung di dalam susu dan produk olahan susu lainnya dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Konsumsi sejumlah kecil produk olahan susu harian (sekitar lima porsi seminggu) adalah semua yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung yang baik. Satu porsi setara dengan 8 gram protein – setara dengan secangkir susu atau 45 gram keju. Sejumlah kecil juga tetap dapat dikonsumsi oleh orang-orang dengan intoleransi laktosa. “Jumlah sedikit akan menguntungkan dan jumlah banyak tidaklah perlu”, kata peneliti, Prof. Mark Wahlqvist

Prevalensi penyakit kardiovaskular terus meningkat. Untuk mengatasi hal yang satu ini harus mencakup berbagai kelompok makanan dan latihan. Seperti yang disarankan oleh penelitian ini, menggabungkan porsi kecil produk olahan susu yang masih dapat di toleransi ke dalam diet sehari-hari tidak hanya memberikan tambahan rasa tetapi juga kesehatan dalam kehidupan. 

Untuk rincian studi – Klik disini!

http://www.sciencedaily.com/releases/2014/09/140916102226.htm?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+sciencedaily/health_medicine/nutrition+(Nutrition+News+--+ScienceDaily)