Artikel Berita

Terapkan Perilaku Hidup Sehat agar Terhindar dari Kanker Usus

Tercatat:  Rabu, Nopember 05, 2014

Kanker usus atau kanker kolorektal menduduki peringkat kedua jenis kanker yang paling umum dialami oleh pria dan peringkat ketiga pada wanita di seluruh dunia. Umumnya, gaya hidup dan diet yang salah meningkatkan risiko kanker usus. Penelitian sebelumnya telah menggambarkan penurunan risiko kanker usus disebabkan oleh faktor gaya hidup individu. Namun, sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini mengungkapkan bahwa menggabungkan 5 perilaku gaya hidup sehat jauh lebih baik karena risiko kanker usus berkurang pada tiap-tiap faktor yang dilaksanakan. Efek perlindungan ini lebih jelas terlihat pada pria.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa 22% kasus kanker usus pada pria dan 11% kasus pada wanita bisa dihindari jika mereka mengadopsi semua perilaku gaya hidup. Faktor gaya hidup sehat yang dimaksud adalah: 

* Menjaga berat badan yang sehat 

* Mengurangi penumpukan lemak perut

* Berolahraga secara teratur 

* Berhenti merokok 

* Membatasi asupan alkohol 

* Memiliki pola makan yang sehat 

Diet rendah daging merah olahan dan kaya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, yoghurt dan makanan tinggi serat dianggap sehat. Hasil yang meyakinkan ini dipublikasikan dalam jurnal BMC Medicine. 

Para peneliti mengambil kesimpulan ini setelah menganalisis data pada 347.237 pria dan wanita yang menjadi bagian dari penelitian  European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) yang melibatkan 10 negara Eropa. Penelitian EPIC mencatat perilaku gaya hidup peserta dan mengevaluasi secara rinci dengan menggunakan 'indeks gaya hidup sehat (healthy lifestyle index)', dimana masing-masing mendapatkan satu poin. Dengan demikian, peserta penelitian dinilai dengan poin 0 sampai 5 berdasarkan jumlah perilaku gaya hidup yang mereka terapkan. 

Mereka menemukan bahwa lebih dari 12 tahun dalam masa penelitian, 3.759 peserta terkena kanker usus. Dibandingkan dengan orang yang hanya menerapkan salah satu perilaku sehat saja, mereka yang menerapkan dua, tiga, empat atau lima sekaligus perilaku gaya hidup, masing-masing memiliki risiko lebih rendah sebesar 13%, 21%, 34% dan 37% untuk terkena kanker kolorektal.

"Data kami menegaskan bahwa dengan peningkatan jumlah perilaku gaya hidup sehat, risiko bahwa seseorang akan terkena kanker usus menurun, "kata para peneliti. Menambahkan lebih lanjut, mereka mengatakan, "Secara khusus, hasil ini menunjukkan potensi pencegahan pada pria yang berisiko lebih tinggi terkena kanker usus daripada wanita."

Meskipun ada kemajuan dalam pengobatan dan diagnosa, kanker usus tetap menjadi salah satu kanker paling mematikan di dunia. Namun, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini, hanya dengan memulai perubahan gaya hidup sehat yang dapat mencegah atau menunda timbulnya kondisi yang menakutkan ini. Perilaku gaya hidup sehat ini tidak hanya bermanfaat bagi individu namun juga bagi petugas kesehatan dan kesehatan masyarakat. 

Untuk rincian studi: -Klik di sini! 

http://www.medicalnewstoday.com/articles/283793.php