Artikel Berita

Sebutir Apel untuk Mencegah Obesitas

Tercatat:  Rabu, Desember 10, 2014

Ada sebuah alasan mengapa pepatah “satu apel sehari dapat menjauhkan Anda dari Dokter” muncul. Buah dengan rasa agak asam dan manis mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Apel, faktanya, berasal dari banyak variasi dan jika Anda pikir semua apel sama, maka sebaiknya pikirkan kembali!!

Penelitian terbaru menemukan bahwa komponen yang tidak dicerna dalam buah apel terutama varian Granny Smith dapat mencegah penyakit yang terkait dengan obesitas. 

Peneliti dari Washington State University menemukan bahwa apel Granny Smith, apel berwarna hijau dan memiliki rasa asam, mengandung komponen yang tidak dicerna dalam jumlah tinggi. Komponen ini mengubah proporsi bakteri dalam feses tikus obes mirip dengan tikus kurus. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam the journal Food Chemistry. 

Penelitian menunjukkan bahwa apel Granny Smith memiliki jumlah komponen yang tidak dicerna melampaui apel varietas lainnya seperti Braeburn, Fuji, Gala, Golden Delicious, McIntosh dan Red Delicious. Komponen yang tidak dicerna ini mencapai usus besar dalam bentuk utuh meskipun sudah dikunyah, terkena asam lambung dan enzim-enzim pencernaan. Saat mencapai usus besar, mereka berperan sebagai substrat untuk fermentasi bakteri dan meningkatkan pertumbuhan bakteri yang bermanfaat di saluran pencernaan. 

Berbicara tentang penelitian, ketua peneliti mengatakan, “kita tahu bahwa pada umumnya apel bagus sebagai sumber komponen yang tidak dicerna namun ada perbedaan pada varietas. Hasil penelitian ini akan membantu konsumen untuk membedakan varietas apel mana yang dapat membantu mencegah obesitas.”  

Komposisi koloni bakteri bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Pada umumnya, individu yang obes memiliki keseimbangan koloni bakteri abnormal yang memicu inflamasi dan perubahan metabolik lainnya. Apel Granny Smith mungkin bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan komponen yang tidak dicerna-nya dapat membantu menstabilkan kembali keseimbangan bakteri baik dan memberi rasa kenyang pada saat yang sama. Jadi, ada lagi satu alasan untuk makan buah berwarna hijau!