Artikel Berita

Membentuk Kesehatan Masa Depan Pada 1000 Hari Pertama

Tercatat:  Selasa, September 24, 2013

Pada ESPGHAN di London 9 Mei lalu, tiga Profesor ternama mengungkapkan temuan terbaru pada penurunan obesitas, pencegahan alergi dan seluruh pengaruh nutrisi bayi pada kesehatan jangka panjang.

Simposium Nestlé Nutrition Institute bertajuk “Shaping Shaping a Healthy Future in the First Thousand Days” dibawakan oleh ketiga professor tersebut, Prof Ekhard Ziegler, Prof Sibylle Koletzko dan Prof Atul Singhal.

Bersama mereka menyoroti bukti terkini mengenai pengaruh nutrisi bayi pada kesehatan kangka panjang.

Formula rendah protein untuk membantu mencegah obesity pada anak dan dewasa

Presentasi Prof Ekhard Ziegler mendiskusikan  bukti yang mendindikasikan pengaruh asupan tinggi protein selama masa bayi pada risiko obesitas selama masa kanak-kanak. Banyak penelitian, termasuk European Childhood Obesity Project, secara jelas menunjukkan kelebihan asupan protein memicu meningkatnya adiposity pada bayi dan seterusnya. Prof Ziegler  juga melaporkan pada studi terbaru yang membandingkan dampak formula rendah protein yang diberikan pada bayi yang lahir dari ibu yang gemuk dan obes. Dia menyimpulkan bahwa “formula lanjutan dengan protein mendekati kandungannya dalam ASI berpotensi melindungi bayi yang berisiko tinggi terhadap obesitas di masa depan.”

Formula bayi terhidrolisis membantu mencegah dermatitis atopik

Presentasi Prof Sibylle Koletzko melaporkan dalam studi GINI (German Infant Nutritional Intervention), yang terbesar pada studi sejenis, mengikuti perkembangan 5991 bayi selama lebih dari 10 tahun. Dia melaporkan formula whey terhidrolisis parsial dan formula kasein terhidrolisis ekstensif menurunkan risiko dermatitis atopic secara nyata, salah satu bentuk manifestasi paling umum pada anak. Pengaruhnya bertahan hingga usia 10 tahun. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam  Journal of Allergy and Clinical Immunology dan dapat diunduh secara online di website Nestlé Nutrition Institute.

Pentingnya nutrisi bayi yang seimbang bagi kesehatan jangka panjang

Presentasi Prof Atul Singhal’s focus pada pengaruh nutrisi bayi pada kesehatan jangka panjang dan pentingnya nutrisi seimbang yang bukan hanya memenuhi kebutuhan nutrisi jangka pendek. Topic-topik meliputi pengaruh kekurangan dan kelebihan nutrisi, laju pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih lambat, mengoptimalkan pola kenaikan berat badan bayi, risiko/ manfaat dari kenaikan berat badan yang lebih cepat serta implikasi dari program  nutrisi untuk kesehatan masyarakat dan praktek klinis. Presentasinya juga mereview pengaruh nutrisi bayi pada risiko obesitas jangka panjang dan bagaimana asupan rendah protein pada bayi dapat memperbaiki risiko obesitas dan penyakit kronis di kemudian hari.