Berita Nutrisi Terkini

ASI Mengandung Molekul Anti-Inflamasi

Jan 16, 2016

Penelitian menunjukkan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi karena berbagai alasan. Baru-baru ini, peneliti dari Brigham and Women's Hospital (BWH) menemukan alasan lain keunggulan ASI. Studi terbaru mereka menemukan bahwa ASI menjadi gudang molekul yang dikenal sebagai pro-resolving mediators (SPMs) untuk menyembuhkan infeksi, mengurangi peradangan, melawan nyeri dan menyembuhkan luka.

Hasil penelitian ini dilaporkan dalam the journal Mucosal Immunology. Para peneliti menggunakan teknik profiling komprehensif untuk menemukan bahwa ASI mengandung 20 SPMs. Para peneliti menguji kontribusi sampel dari ASI; molekul individu baik dari hewan maupun model seluler infeksi dan juga mengukur panjang waktu hingga resolusi.

Mereka juga mengevaluasi konsentrasi SPMs dalam ASI dengan mastitis. Mereka menemukan tingkat yang lebih rendah bila dibandingkan dengan sampel normal. SPMs dari sampel mastitis tidak menyembuhkan peradangan dan infeksi sejauh yang bisa dihasilkan dari ASI yang berasal dari sampel normal.

Evaluasi pada susu sapi dan susu formula mengungkapkan kurangnya SPMs. Para peneliti menyarankan adanya penelitian lebih lanjut untuk memahami mekanisme bagaimana SPMs membantu sistem kekebalan tubuh bayi. Para peneliti mengatakan, "Hasil penelitian kami menunjukkan peran SPM dalam memodulasi peradangan, infeksi dan menstimulasi resolusi selama pengembangan kekebalan di awal kehidupan, dan selanjutnya memperkuat pentingnya ASI untuk bayi."

Sumber berita : Klik Di sini!