Berita Nutrisi Terkini

Manfaat Pemberian ASI berlanjut hingga Dewasa

Jun 10, 2015

Beberapa penelitian telah mengemukakan manfaat menyusui; Namun peneliti Amerika telah menemukan bahwa manfaat yang diperoleh dapat berlanjut hingga dewasa. Sebuah penelitian yang berjalan cukup lama menemukan bahwa orang dewasa yang pada saat usia bayi disusui selama 12 bulan atau lebih memiliki skor IQ yang lebih tinggi, berpendidikan tinggi, dan pendapatan bulanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang pada usia bayi hanya disusui selama satu bulan atau lebih rendah.

Penelitian observasional ini diterbitkan dalam jurnal Lancet Global Health. Dimulai pada tahun 1982, penelitian mencakup wanita menyusui dengan spectrum social ekonomi luas, dan diikuti oleh 5.914 bayi yang baru lahir. Durasi menyusui dan usia ketika bayi mulai makan makanan padat dicatat. Para peneliti mengikuti subjek selama 30 tahun dan mendapatkan 3.493 subjek dari jumlah awal.

Para peneliti mengambil kesimpulan setelah mengendalikan factor pembaur seperti pendidikan ibu, merokok, pendapatan keluarga, berat lahir dan factor lainnya. Namun, dikarenakan penelitian ini adalah observasional, para peneliti menekankan perlunya studi skala besar lebih lanjut untuk memvalidasi temuan mereka.

Penulis utama, Bernardo Lessa Horta, seorang profesor di the Federal University of Pelotas di Brazil mengatakan, "Bukan hanya menyusui yang mempengaruhi IQ dan pendapatan. Tapi penelitian kami menunjukkan bahwa menyusui adalah hal penting dan harus didorong."

Sumber berita: - Klik di sini!

http://well.blogs.nytimes.com/2015/03/17/breast-feeding-may-have-benefits-decades-later/?partner=rss&emc=rss&_r=1