Berita Nutrisi Terkini

Hidrasi yang Baik, Baik pula untuk Kesehatan

Mar 20, 2014

Satu gelas air sehari dapat membuat perbedaan yang besar terhadap performa kognitif dan bagi mereka yang minum air secara regular mengkonsumsi kalori yang lebih sedikit dan memiliki gaya hidup lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang minum minuman manis berkalori. Berikut ini adalah dua kesimpulan dari beberapa studi tentang hidarsi yang bisa diunduh di situs Nestle Nutrition Institute.  

Studi menyarankan bahwa hidrasi yang adekuat dapat memiliki dampak signifikan pada kualitas hidup seseorang dan kemampuan mereka untuk perform terbaik secara mental dan fisik.

Sebagai contoh, pada studi di US mengenai hubungan Antara performa kognitif dan hidrasi pada orang dewasa (>50 tahun), dimana terdapat paling sedikit satu atau dua gelas perbedaan pada dua kelompok percobaan, performa mental pada kelompok dengan hidrasi yang lebih rendah dari mereka yang telah minum air dalam jumlah yang mencukupi sehari sebelumnya.    

Survey lainnya di US yang mencari peranan air dalam makanan, dtemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi banyak air memliki pola makan dan minum yang lebih baik dan menginsumsi rata-rata 194 kalori lebih rendah per hari dibandingkan dengan seseorang yang tidak minum air. Hal ini mengungkapkan bahwa anak muda, orang dewasa yang berpendidikan rendah dimana lebih memilih minuman manis berkaloro dibandingan minum air, menyoroti kebutuhan untuk information yang lebih mengenai pentingnya hidrasi yang baik ditargetkan pada kelompok ini.

US Beverage Guidance Panel membuat kesimpulan ini dengan studi mereka sendiri mengenai manfaat kesehatan dari minum air secara regular di Amerika. Ketika diurutkan, tiga urutan teratas minuman adalah air, diikuti dengan teh dan kopi tanpa pemanis, dan minuman susu dan kedelai rendah lemak.  Panel ini juga menunjukkan hubungan Antara konsumsi minuman manis berkalori dan asupan energy berlebih dan merekomendasikan minuman bebas kalori, idealnya adalah minum air, harus meencukupi 60%, atau 100% dari kebutuhan cairan harian seseorang.

Apabila ingin membaca lebih lanjut mengenai studi tersebut dan kesimpulannya, silahkan membuka tautan dibawah ini :

Popkin et al., Water and food consumption patterns of U.S. adults from 1999 to 2001: http://www.reprintsdesk.com/landing/hf.aspx?h=574025&hr=171339486&a=1&u=0&r=152970767

Stookey et al., Replacing sweetened caloric beverages with drinking water is associated with lower energy intake: http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1038/oby.2007.359/abstract;jsessionid=3847788559E1D8BE1DC689D074C369E3.f01t03