Artikel Berita

Tips Praktis Perawatan Bayi Baru Lahir

Tercatat:  Rabu, April 30, 2014

BBLR, Metode Kanguru dan Perawatan Kesehatan Bayi Baru Lahir

Expert Opinion oleh dr. Bernie Endyarnie, SpA(K)

Divisi Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial Departemen IKA FKUI-RSCM

Bayi baru lahir yang sehat memiliki tanda-tanda sebagai berikut : tubuh bayi kemerahan, bayi bergerak aktif, bayi menyusu dari payudara ibu dengan kuat dan berat lahirnya 2500-4000 gram. Adapun pemeriksaan yang dilakukan pada saat dan setelah bayi lahir meliputi :

  1. Menjaga kebersihan selama persalinan
  2. Mencegah infeksi kuman pada bayi dengan memberikan salep antibiotkc untuk mata bayi.
  3. Merawat tali pusat
  4. Memastikan bayi sudah buang air besar dalam 24 jam pertama. Saat lahir warna kotoran berwarna hijau tua, bukan berwarna kuning.
  5. Memastikan bayi sudah buang air  kecil dalam 24 jam pertama.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah memberi kesempatan pada bayi menyusu sendiri segera setelah lahir dengan meletakkan bayi menempel di dada atau perut ibu, dibiarkan merayap mencari putting dan menyusu sampai puas. Proses ini berlangsung minimal 1 jam pertama setelah bayi lahir. IMD memberikan banyak keuntungan diantaranya adalah :

  1. Menghangatkan bayi
  2. Menstabilkan irama napas dan detak jantung
  3. Memberikan perlindungan alamiah bagi bayi
  4. Membentuk kekebalan bayi
  5. Mengurangi perdarahan sesudah melahirkan


Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram. BBLR bisa terjadi pada bayi kurang bulan atau cukup bulan. Penyebab dari BBLR ini adalah ibu hamil yang kurang gizi, kurang darah (anemia), muntah berlebihan, berumur kurang dari 20 tahun dan atau lebih dari 35 tahun, jarak kelahiran kurang dari 2 tahun, merokok dan minum alcohol, memiliki tekanan darah tinggi, menderita penyakit kronis, mengalami perdarahan selama kehamilan, mengalami infeksi, hamil kembar dan pernah melahirkan bayi kurang bulan sebelumnya.

Salah satu cara untuk merawat bayi baru lahir adalah dengan menggunakan Metode Kanguru. Perawatan Metode Kanguru adalah perawatan bayi baru lahir dengan kontak kulit bayi dengan kulit pendekapnya untuk mempertahankan dan mencegah bayi kehilangan panas. Keuntungan metode kanguru bagi bayi adalah bayi menjadi hangat, lebih sering menyusu, tidak rewel dan kenaikan berat badannya lebih cepat. Adapun bagi ibu, metode kanguru ini dapa meningkatkan hubungan kasih saying, ibu bisa bekerja sambil menggendong bayi dan perawatan bayi dengan kontak kulit. Metode Kanguru dapat dilakukan oleh ibu, ayah atau anggota keluarga dewasa lainnya yang sehat dan tidak merokok. Pelaksanaannya dapat dilakukan dalam posisi berbaring dan istirahat. Apabila posisi tidur, tidur dengan bagian atas tubuh meninggi untuk menjaga posisi kepala bayi di atas dengan menggunakan bantal yang ditumpuk. Ibu dan anggota keluarga lainnya dapat melakukan pekerjaan sehari-hari seperti biasa.