Artikel Berita

Suplemen Vitamin D Bermanfaat untuk Kondisi Paru-Paru

Tercatat:  Rabu, Januari 14, 2015

Para ilmuwan telah memberikan alasan lebih lanjut untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D karena dapat membantu masalah pernafasan. Peneliti Amerika telah menemukan bahwa suplemen vitamin D dapat mengurangi kekambuhan dari gangguan penyakit paru-paru kronis obstruktif paru (PPOK) lebih dari 40%, terutama pada mereka yang mengalami defisiensi vitamin ini. Studi uji klinis acak ini, diterbitkan di Lancet Respiratory Medicine, adalah studi pertama untuk mengidentifikasi peran suplementasi vitamin D dalam mengurangi keparahan dan durasi gejala PPOK.

Penelitian ini melibatkan 240 pasien dengan PPOK di London; setengah dari pasien menerima suplementasi vitamin D3 dan setengah lainnya menerima plasebo. Mereka menemukan bahwa suplemen vitamin D3 melindungi pasien dari eksaserbasi gejala PPOK sedang atau berat, tetapi tidak terhadap infeksi saluran pernapasan atas pada pasien dengan kadar dasar vitamin D3 kurang dari 50 nmol/L.

"Penelitian kami menunjukkan bagaimana suplemen vitamin murah ini pun dapat secara signifikan mengurangi risiko kekambuhan untuk pasien dengan defisiensi vitamin D, yang dapat memiliki manfaat besar bagi kesehatan masyarakat. Temuan kami menunjukkan bahwa pasien dengan PPOK harus menguji status vitamin D mereka dan harus mulai mengkonsumsi suplemen jika ditemukan memiliki kadar yang rendah," kata para peneliti.

Kekambuhan PPOK dapat berat dan kadang-kadang sampai membutuhkan rawat inap bahkan kematian. Dengan demikian, hanya dengan memastikan status vitamin D yang baik, seseorang dapat bernapas dengan mudah! Sumber berita:

Klik Disini!

http://www.nutraingredients.com/Research/Vitamin-D-supplementation-linked-to-fewer-lung-disease-flare-ups