Artikel Berita

Senyawa Alami dari Tomat Hijau Merangsang Pertumbuhan Otot dan Meningkatkan Kekuatan Otot

Tercatat:  Rabu, Mei 07, 2014

Seperti tidak mungkin, tomat hijau dapat berperan pada otot yang lebih besar dan kuat . Dengan menggunakan metode skrining yang sebelumnya diidentifikasi senyawa dalam kulit apel sebagai agen pembangun otot, sebuah tim dari University of Iowa kini telah menemukan bahwa tomatidine, suatu senyawa dari tomat hijau, bahkan lebih kuat untuk membangun otot dan melindungi terhadap atrofi otot.

Atrofi otot, atau wasting, disebabkan oleh penuaan dan berbagai penyakit dan cedera, termasuk kanker, gagal jantung, dan cedera ortopedi, untuk beberapa lainnya. Hal itu membuat orang-orang lemah dan lelah, mengganggu aktivitas fisik dan kualitas hidup, dan memicu orang untuk jatuh dan patah tulang. Kondisi ini mempengaruhi lebih dari 50 juta orang Amerika setiap tahun, termasuk 30 juta orang di atas usia 60, dan sering memaksa orang ke panti jompo atau fasilitas rehabilitasi.

" Atrofi otot menyebabkan banyak masalah bagi orang-orang, keluarga mereka, dan sistem perawatan kesehatan secara umum, " kata Christopher Adams, MD, Ph.D., UI profesor kedokteran internal dan fisiologi molekuler dan biofisika. " Namun, kami tidak memiliki cara yang efektif untuk mencegah atau mengobatinya. Latihan pasti membantu, tapi itu tidak cukup dan tidak sangat mungkin bagi banyak orang yang sakit atau terluka."

Lebih banyak otot, sedikit lemak

Dalam sebuah studi baru, diterbitkan online April 9 dalam Journal of Biological Chemistry, Adams mencari senyawa molekul kecil yang dapat digunakan untuk mengatasi atrofi otot. Ia memusatkan perhatian pada tomatidine menggunakan alat sistem biologi disebut Konektivitas Peta, yang dikembangkan di Institut Broad dari MIT dan Harvard University. Adams menemukan bahwa tomatidine menghasilkan perubahan dalam ekspresi gen yang pada dasarnya berlawanan dengan perubahan yang terjadi pada sel-sel otot ketika orang dipengaruhi oleh atrofi otot .

Setelah mengidentifikasi tomatidine, Adams dan timnya menguji dampaknya pada otot rangka. Mereka pertama kali menemukan bahwa tomatidine merangsang pertumbuhan sel-sel otot pada manusia.

"Hasil itu sangat penting karena kita mencari sesuatu yang dapat membantu orang, " kata Adams.

Langkah berikutnya mereka adalah untuk menambahkan tomatidine untuk diet pada tikus. Mereka menemukan bahwa tikus yang sehat disuplementasi dengan tomatidine tumbuh otot yang lebih besar, menjadi kuat dan mampu berlatih lebih lama. Dan, yang paling penting, mereka menemukan bahwa tomatidine mencegah dan mengatasi atrofi otot .

Menariknya, meskipun tikus yang diberi tomatidine memiliki otot yang lebih besar, berat badan mereka secara keseluruhan tidak berubah karena kehilangan lemak, menunjukkan bahwa senyawa tersebut juga mungkin memiliki potensi untuk mengatasi obesitas .

Merancang makanan sehat

Sebuah aspek yang menarik dari tomatidine adalah senyawa alami yang berasal dari tomat. Hal ini dihasilkan ketika alpha - tomatine, yang ditemukan pada tanaman tomat dan tomat hijau pada khususnya, dicerna dalam usus.

"Tomat hijau aman dikonsumsi dalam jumlah moderat. Tapi kita tidak tahu berapa banyak tomat hijau yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan dosis tomatidine mirip dengan apa yang kita berikan tikus. Kami juga tidak tahu apakah dosis tersebut dari tomatidine akan aman bagi orang-orang, atau jika itu akan memiliki efek yang sama pada orang seperti halnya pada tikus, "kata Adams. " Kami bekerja keras untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, berharap untuk menemukan cara-cara yang relatif sederhana bahwa orang dapat mempertahankan massa otot dan fungsi, atau jika perlu, mendapatkannya kembali. " Adams dan timnya sebelumnya menggunakan strategi ini penelitian yang sama menemukan bahwa asam ursolat, suatu senyawa dari kulit apel, mendukung pertumbuhan otot.

"Tomatidine secara signifikan lebih kuat daripada asam ursolat dan tampaknya memiliki mekanisme yang berbeda. Ini adalah langkah ke arah yang benar, " kata Adams. " Kami sekarang sangat tertarik pada kemungkinan bahwa beberapa senyawa alami berbasis pangan seperti tomatidine dan asam ursolat mungkin suatu hari nanti akan digabungkan menjadi suplemen berbasis ilmu pengetahuan, atau bahkan hanya dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari untuk membuat mereka lebih sehat."

Dalam upaya untuk mempercepat penelitian ini dan menerjemahkannya ke orang, Adams dan rekan-rekannya telah mendirikan sebuah perusahaan bioteknologi yang disebut Emmyon. Perusahaan ini baru-baru ini menerima dana dari National Institutes of Health untuk mengembangkan strategi untuk melestarikan massa otot dan fungsi selama proses penuaan. Perusahaan ini juga menggunakan tomatidine dan asam ursolat sebagai lead alami untuk obat-obatan baru yang menargetkan atrofi otot dan obesitas.

http://www.jbc.org/content/early/2014/04/09/jbc.M114.556241.abstract

Info lebih lanjut buka:

http://www.nutritioninsight.com/news/Study-Natural-Compound-From-Green-Tomatoes-Stimulates-Muscle-Growth-and-Improves-Muscle-Strength.html