Artikel Berita

Probiotik dapat Mengurangi Masalah Saluran Pencernaan (Usus) pada Bayi Prematur

Tercatat:  Rabu, September 17, 2014

Sebuah campuran probiotik dari 3 strain dapat menurunkan angka kejadian munculnya kondisi tidak baik dari usus pada bayi prematur, tulisan yang dimuat dalam jurnal Pediatri yang ditemukan. Para peneliti, yang diambil dari berbagai lembaga penelitian dan universitas, mengatakan bahwa campuran probiotik tersebut mengurangi komplikasi pada usus, necrotizing enterocolitis (NEC), tetapi tidak menunjukkan efek yang jelas pada sepsis dengan late-onset juga infeksi di darah yang biasanya mempengaruhi bayi prematur yang lebih muda dari 90 hari.

Uji coba yang dilakukan di multicenter secara double-blinded, placebo-controlled dan acak membandingkan penggunaan Bifidobacterium infantis, Streptococcus thermophilus, dan Bifidobacterium lactis sehari-hari dengan plasebo di antara bayi yang lahir sebelum 32 minggu dan berat kurang dari 1,5 kg. 

Studi ini mengkaji 1.099 bayi yang dipilih dalam rentang waktu Oktober 2007 dan November 2011 di Australia dan Selandia Baru. 

"Probiotik B. infantis, S. thermophilus, dan B. lactis secara signifikan mengurangi NEC of Bell stadium 2 atau lebih pada bayi sangat prematur, tapi tidak nyata pada sepsis dengan late-onset atau kematian. Pengobatan dengan kombinasi probiotik ini terlihat aman, "para peneliti menyimpulkan.

Christian Barker, VP eksekutif di Divisi Kesehatan dan Nutrisi di Chr Hansen, pemasok probiotik dari Denmark tersebut, menyambut baik penelitian ini. 

"Kami memiliki fokus yang kuat pada kesehatan bayi dan dukungan terhadap program penelitian yang akan memungkinkan kita untuk membuat kemajuan terus menerus. Temuan pada penelitian sangatlah luar biasa. Dari sudut pandang komersial, bagaimanapun, NEC adalah masalah dengan ruang lingkup yang lebih kecil dibandingkan dengan indikasi lain seperti gangguan fungsional usus dan diare. "

Untuk keterangan lebih lanjut bisa diakses pada tautan berikut : 

Pediatrics Vol. 132 No. 6, December 1, 2013, pp. 1055 -1062 (doi: 10.1542/peds.2013-1339) ‘Probiotic Effects on Late-onset Sepsis in Very Preterm Infants: A Randomized Controlled Trial’ Authors: Susan E. Jacobs, MD et al...

http://pediatrics.aappublications.org/content/132/6/1055.abstract

untuk studi lebih lengkap dapat diakses di : 

http://www.nutraingredients-usa.com/Research/Probiotics-can-reduce-bowel-problem-in-premature-babies-Study