Artikel Berita

Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-20 Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia 2013

Tercatat:  Senin, September 30, 2013

Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia yang ke-20 kali ini diadakan di Medan, mengambil tempat di JW Marriot Hotel Medan pada tanggal 16-18 September 2013. Acara ini merupakan acara akbar tahunan yang dihadiri oleh lebih dari 2000 dokter obgyn seluruh Indonesia.

Tidak mau ketinggalan dalam peningkatan pengetahuan dokter obgyn, PT Nestle Indonesia yang memproduksi susu ibu hamil dan menyusui : Mom&me (satu satunya susu ibu hamil yang mengandung Probiotik juga ikut serta dalam meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya dibidang pemberian Probiotik pada ibu hamil dengan bentuk partisipasi Lunch Symposium di ruang Maryland Room, tanggal 16 September 2013, pukul 13.15 – 14.15.

Lunch Symposium yang mengambil tema : “Probiotics during Pregnancy and Lactation : A State of the Art Practice in Maternal Nutrition” ini dimoderatori oleh dr. Christoffel Tobing,Sp.OG(K) dari Medan. Sebagai narasumber pertama adalah Dr.med.Damar Prasmusinto,Sp.OG(K)., dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang memberikan kuliah berjudul “Nutrition during Reproduction Period”. Dr Damar menjelaskan tentang pentingnya asupan nutrisi yang cukup (khususnya mikronutrien) dimasa-masa reproduksi. Jadi tidak hanya pada masa kehamilan, tetapi juga nutrisi di masa pertumbuhan, pra konsepsi dan prenatal. Probiotik memainkan peran penting dalam ‘fetal programming’.

Narasumber berikutnya adalah Jalil Benyacoub,PhD., yang dengan pengalamannya sebagai Group Leader Immunology, Nutrition & Health Research Nestle Research Center memberikan materi presentasi dengan judul : “ Nutritional Factors Influencing Transmission of Immune Competence From Mother to Offspring during Pregnancy & Lactation”. Jalil dengan panjang lebar menjelaskan mengenai mekanisme kerja & peran Probiotik dalam meningkatkan status nutrisi dan kesehatan untuk sang ibu serta bayinya. Jalil juga secara rinci menunjukkan bukti-bukti studi ilmiah manfaat dari konsumsi Probiotik pada bayi, seperti menurunkan resiko alergi dan kesehatan saluran cerna (diare dan kolik).

Lunch symposium kali ini juga dihadiri Dr Stephen Daniel King, PhD., Country Business Manager Nestle Nutrition Indonesia  yang pada kesempatan ini memberikan kata sambutan serta menjelaskan sedikit mengenai pengalaman pribadi beliau mengenai pentingnya pemberian ASI yang dikemudian hari ternyata juga mengandung Probiotik yang bermanfaat untuk sang buah hati. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada moderator, dan narasumber dari PT Nestle Indonesia dan Panitia PIT POGI 20, yang dalam hal ini diberikan langsung oleh Ketua Panitia PIT POGI 20 Medan 2013 yaitu Prof. dr.Budi R. Hadibroto, Sp.OG(K).