Artikel Berita

Peran Minuman untuk Pemenuhan Gizi Anak-anak

Tercatat:  Selasa, Juli 08, 2014

Peran Minuman untuk Pemenuhan Gizi Anak-anak

Nestlé Nutrition Institute mensponsori simposium satelit pada saat Kongres Nutrisi Internasional (ICN) ke-20 (http://www.nestlenutrition-institute.org/Events/All_Events/Pages/ICN2013.aspx) untuk melihat peran minuman untuk pemenuhan gizi anak. Tiga pembicara utama dihadirkan untuk membahas berbagai aspek peran minuman dalam menu anak-anak. Para pembicara mendiskusikan : 

Status Hidrasi Anak Sekolah setelah Sarapan  

Hidrasi yang cukup menjadi perhatian pada anak-anak karena mereka lebih rentan terhadap dehidrasi dibandingkan orang dewasa. Presentasi pertama memaparkan hasil dari serangkaian penelitian untuk mengukur status hidrasi anak-anak sekolah usia 9-11 di Perancis, Italia dan Inggris. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengukur insiden osmolalitas urin di pagi hari, adapun tujuan sekundernya  untuk memahami faktor-faktor penentu osmolalitas dan hubungannya dengan status Indeks Massa Tubuh (IMT) dan jenis kelamin. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah besar anak-anak mungkin telah mengalami defisit air bahkan setelah sarapan. Meskipun ada sedikit perbedaan di berbagai negara, penelitian ini menemukan bahwa anak laki-laki, dan anak-anak obesitas memiliki defisit terbesar. Presentasi menyimpulkan bahwa  status hidrasi di sekolah di pagi hari, seperti tercermin dari osmolalitas urin setelah sarapan, sangat tergantung pada  asupan air dan cairan. 

Informasi lebih lanjut dan panduan praktis untuk pemeriksaan masalah hidrasi di sekolah dan rekomendasi untuk meningkatkan hidrasi pada anak-anak baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal ini (Gibson-Moore 2013). 

Konsumsi Susu bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak 

Sesi ini diberikan oleh Professor Lindsay Allen (http://www.nestlenutrition-institute.org/resources/online-conferences/Pages/Milk-Consumption-in-Childrens-Growth-and-Development.aspx) menyajikan review 35 penelitian - baik observasional dan percobaan terkontrol acak (RCT) - terkait dengan pemberian susu dan hasil olahannya baik yang difortifikasi maupun tidak difortifikasi bagi anak-anak. Disimpulkan bahwa manfaat kesehatan dari susu dalam menu anak-anak dan sangat berguna dalam menu bagi anak-anak yang kekurangan gizi. 

Produk susu dan hasil olahannya juga diakui sebagai sumber yang sangat baik dari banyak mikro dan makronutrien yang diperlukan untuk pertumbuhan perkembangan optimal anak. Namun, asupan susu anak-anak di negara-negara industri menurun dan ketersediaannya kurang di negara berkembang. Sesi ini diakhiri dengan menyoroti penelitian lanjutan untuk memahami efek pertumbuhan dari susu, untuk mengevaluasi efek jangka panjang konsumsi susu dan membuat susu lebih banyak tersedia untuk anak-anak dalam situasi di mana dukungan nutrisi yang dibutuhkan. 

Minuman padat nutrisi dan obesitas pada anak 

Sesi terakhir diberikan oleh Professor Adam Drewnowski  (http://www.nestlenutrition-institute.org/resources/online-conferences/Pages/Beverage-Nutrient-Density-and-Childhood-Obesity.aspx) yang mempresentasikan data dari survei menu makanan di Amerika Serikat  dan dibandingkan dengan skor  kepadatan nutrisi.  Diuraikan bahwa menu yang berhubungan dengan obesitas cenderung padat energi tapi miskin nutrisi, dua jenis solusi yang ditawarkan adalah : mengkonsumsi lebih banyak minuman dan makanan padat nutrisi untuk meningkatkan kepadatan nutrisi (menambah nutrisi), atau untuk mengurangi kepadatan energi dari keseluruhan menu, misalnya, minum air lebih banyak daripada minum minuman berkalori  atau minuman ringan yang mengandung gula (mengurangi kalori). Analisis data menunjukkan bahwa tidak ada kelompok anak-anak di USA nyaris memenuhi asupan makanan seperti yang direferensikan (DRIs) untuk air. Setidaknya 78% dari anak usia 4-8 tahun, dan 86% dari mereka yang berusia 9-13 tahun tidak memenuhi DRIs untuk asupan total air, sebagaimana ditetapkan oleh IOM. 

Penelitian tambahan pada konsumsi minuman padat nutrisi dan air di antara beragam kelompok sosial-demografi akan memberikan informasi lebih lanjut tentang hidrasi, kepadatan energi dan kepadatan nutrisi pada menu anak-anak dalam kaitannya dengan berat badan. Meskipun menggunakan pendekatan yang beragam, ketiga presentasi dibuat untuk pemantauan yang sangat menarik tentang pentingnya minuman untuk anak-anak baik untuk hidrasi dan nutrisi. (MN) 

Anda dapat membaca ketiga presentasi tersebut lebih detil dalam Conference Bulletin.

http://www.nestlenutritioninstitute.org/resources/library/Secured/journalarticle/Documents/Article%20BNF%20Conference.pdf