Artikel Berita

Pentingnya Attachment dalam Hubungan Orang Tua dan Anak untuk Kesehatan Saluran Cerna dan Tumbuh Kembang Optimal

Tercatat:  Kamis, April 10, 2014

Teori gut-brain axis membuktikan bahwa komunikasi dua arah antara sistem pencernaan dan otak berperan penting dalam menentukan tumbuh kembang anak terutama perkembangan kognitif. Namun aspek ini bisa terhambat apabila ada pengaruh stress terhadap pola kehidupan anak terutama pengaruh stress pada kegitana makan. Maka peran orang tua juga sangat penting dalam mengurangi gangguan pada saluran cerna anak. Stress atau tekanan pada anak dapat mempengaruhi fungsi saluran cerna. “Contohnya anak membutuhkan suasana yang menyenangkan saat makan. Jika dalam kondisi yang penuh tekanan bahkan kata-kata kasar akan membuat anak stres dan ini mempengaruhi pola makan dan mengganggu fungsi pencernaannya,” kata Rini Hildayani M.Si. Psychologist, Psikolog anak dan Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Tidak hanya asupan nutrisi dan kolonisasi bakteri saluran cerna, ternyata orangtua juga berperan penting untuk mengurangi gangguan kesehatan saluran cerna yang seringkali terjadi pada anak. Ikatan emosi antara orangtua dan anak yang baik dapat membantu menjaga kebutuhan saluran cerna. “Dengan menjaga attachment antara orangtua dan anak yang baik, orangtua dapat memahami kebutuhan anak, sehingga gangguan saluran cerna pada anak dapat dihindari,” tutur Rini Hildayani MSi, Psikolog.

Orang tua harus mampu mendeteksi tipe tipe kepribadian anak yang menggambarkan perasaan sekuritas atau insekuritas anak sehingga dapat memberi respon yang adekuat atau sesuai dengan tingakt kebutuhan. Untuk mengatasi gangguan pencernaan karena dampak psikologis yang dialami anak, maka orangtua perlu bersikap sensitif dan responsif terhadap perilaku anak. Meningkatkan hubungan yang berkualitas antara anak dan orangtua memungkinkan orangtua mengerti perilaku dan emosi anak.