Artikel Berita

Penelitian di Eropa Menguatkan Pentingnya Sarapan untuk Kesehatan Anak

Tercatat:  Kamis, Maret 06, 2014

Sebuah pesan yang menyatakan bahwa ‘sarapan adalah waktu makan yang paling penting’ sudah cukup familiar. Kali ini, penelitian di Eropa yang dilakukan pada Anak Cypriot mengungkapkan bahwa pemilihan jenis sarapan setiap pagi dapat memberikan pengaruh langsung pada berat badan anak dan kesehatannya secara keseluruhan. Penelitian ini diterbitkan secara online di International Journal of Food Science and Nutrition, menelisik pilihan jenis sarapan yang signifikan pada kesehatan anak dan hubungan antara kebiasaan sarapan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT), yang merupakan suatu indikator dari berat badan ideal. 

Analisa ini berdasarkan sample dari 1558 anak berusia Antara 4 dan 8 tahun yang tinggal di Pafos dan Strovolos Cyprus, dan melihat hubungan Antara sarapan dengan kualitas diet anak dan factor resiko kardio-metabolik. Penelitian ini menunjukkan bahwa diantara anak permpuan yang terbiasa sarapan setiap hari cenderung memiliki skor IMT lebih rendah. Mereka juga lebih rendah kadar kolesterol dan juga tekanan darah diastolnya, tanpa memperhatikan IMT orangtua maupun aktivitas fisiknya. Sementara itu, dari studi yang dilakukan pada anak laki-laki dan perempuan yang terbiasa sarapan, sereal sarapan menjadi pilihan yang paling bergizi, dibandingkan dengan pilihan makanan lain. Anak-anak yang mengonsumsi produk pastry untuk sarapan memilki profil nutrisi yang paling sedikit.

Penulis publikasi Stalo Papoutsou yang merupakan Clinical Dietician & Nutritionist and Associate Investigator di Research and Educational Institute of Child Health, Cyprus ingin menekankan pentingnya menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat untuk mengkampanyekan kebiasaan sarapan yang baik bagi anak-anak. Dia mengatakan : “Kami ingin mendorong petugas kesehatan untuk mempromosikan manfaat dari kebiasaan sarapan setiap hari, dan mendidik orangtua dan anak-anak untuk memilih sarapan yang bergizi agar meyakinkan terpenuhinyaasupan micronutrient dan serat, dan menurunkan asupan gula dan lemak.”

Publikasi terkini yang berjudul “Kombinasi konsumsi sarapan harian dan pemilihan jenis sarapan yang optimal pada anak-anak merupakan pesan kesehatan masyarakat yang penting” – tergambar dari data EC-funded IDEFICS Study (2006 - 2012), yang sekarang sedang ditindaklanjuti oleh proyek penelitian EC-funded I.Family (2012 – 2017). I.Family menyelidiki hubungan Antara perilaku keluarga dan kebiasaan sarapan anak, dan juga menliti perubahan dari perilaku ini sebagai pertumbuhan anak menjadi remaja.  

The combination of daily breakfast consumption and optimal breakfast choices in childhood is an important public health message, Authors: Stalo Papoutsou, George Briassoulis, Charalambos Hadjigeorgiou, Savvas C. Savva, Tonia Solea, Antje Hebestreit, Valeria Pala, Sabina Sieri, Yiannis Kourides, Anthony Kafatos, and Michael Tornaritis, International Journal of Food Sciences and Nutrition (February 2014) doi:10.3109/09637486.2013.854750

Silahkan akses artikel lengkap melalui tautan di bawah ini:

http://www.medicalnewstoday.com/releases/272918.php