Artikel Berita

Pembinaan Gaya Hidup Anak Yang Baik Dapat Mencegah Kanker Pada Anak

Tercatat:  Kamis, Mei 07, 2015

Pada sebagian besar kasus kanker anak dapat ditelusuri penyimpangan yang berkaitan dengan gaya hidup seperti pekerjaan orang tua, riwayat reproduksi ibu,riwayat merokok atau penggunaan alkohol orang tua, diet selama kehamilan, dan pola makan anak dan gaya hidup lainnya. Sekarang, para ahli menyarankan untuk mendidik anak sejak dini mengenai pola hidup sehat untuk mencegah kanker anak.

Ahli Onkologi Dr Anupam Sachdeva dari Sir Ganga Ram Hospital merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk mencegah terjadinya kanker anak:

Menanamkan kebiasaan makan yang baik pada anak dengan mendorong mereka untuk mengkonsumsi buah-buahanyang kayaantioksidandan sayuranuntuk mengimbangi kerugian yang disebabkan oleh radikal bebas. Memberikan mereka makanan yang dapat meningkatkan kekebalan seperti yoghurt, bawang putih, buah-buahan dan sayuran berwarna.

Obesitas pada anak merupakan penyebab utama kanker anak. Untuk mengendalikan bahaya kesehatan ini, penting untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, memberikan diet seimbang, mendorong anak untuk melakukan permainan di luar ruangan, membatasi waktu menonton TV, melarang konsumsi junk food dan makanan terlalu manis, dan menyediakan sarapan yang sehat.

Anak-anak harus dilindungi dari paparan sinar UV matahari.

Anak-anak harus dididik mengenai efek merokok dan asupan alkohol dari masa kanak-kanak sehingga mereka akan menjauhkan diri dari kebiasaan ini saat mereka dewasa.

Anak harus diberikan vaksinasi hepatitis B untuk melindungi mereka dari kanker hati di masa dewasa. Penting untuk secara teratur memeriksa dan melakukan tes untuk jenis kanker tertentu seperti kanker serviks. Orangtua dapat melakukan standar dengan menguji dan melakukan imunisasi pada anak mereka untuk melindungi mereka dari risiko di masa mendatang.

Pencegahan kanker dimulai saat lahir. Dengan mengadopsi langkah sehari-hari yang sederhana, sekarang memungkinkan untuk dapat melindungi anak dari kondisi mematikan ini.

Sumber berita :

http://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/Ways-to-protect-your-kids-from-cancer/articleshow/46107566.cms?