Artikel Berita

Obesitas Terkait Dengan Ko-Morbiditas Dapat Mengambil 8 Tahun Dari Hidup Seseorang

Tercatat:  Rabu, Februari 04, 2015

Obesitas dan ko-morbiditas terkait dapat mempengaruhi angka harapan hidup. Peneliti dari Kanada menemukan bahwa diabetes dan penyakit jantung terkait dengan obesitas mungkin dapat mengambil hampir dari satu dekade hidup dan bahkan sampai 2 dekade kehidupan yang sehat.

Meskipun studi ini menemukan hubungan antara obesitas dan usia, tetapi tidak membuktikan bahwa obesitas dapat memperpendek kehidupan. Studi ini dipublikasikan secara online di jurnal The Lancet Diabetes & Endokrinologi.

Untuk penelitian ini, para peneliti menggunakan data dari U.S. National Health and Nutrition Examination Survey tahun 2003 sampai 2010. Mereka menciptakan sebuah model komputer untuk memperkirakan risiko berkembangnya diabetes dan penyakit jantung pada orang dewasa dengan bobot tubuh yang berbeda. Para peneliti menganalisis peran yang dimainkan oleh kelebihan berat badan dan obesitas pada usia harapan hidup dan hilangnya tahun hidup sehat di kalangan orang dewasa berusia antara 20 hingga 79 tahun. Para peneliti membandingkan hasil ini dengan individu dengan berat badan normal.

Mereka memperkirakan bahwa kelebihan berat badan dapat mengambil 0 – 3 tahun usia harapan hidup bergantung pada usia dan jenis kelamin. Orang dengan obesitas menunjukkan kemunduran dalam harapan hidup mereka mulai dari 1 sampai 6 tahun, sementara individu yang sangat gemuk kehilangan 8 tahun usia hidup produktif.

Para peneliti menemukan bahwa efek terbesar dari kelebihan berat badan atau obesitas pada harapan hidup adalah pada usia yang lebih muda dan hubungan ini tampaknya menurun seiring usia. Mereka juga melaporkan bahwa untuk pria dan wanita yang sangat gemuk pada usia 20-an, tahun-tahun dimana mereka hidup bebas dari diabetes atau penyakit jantung berkurang sekitar 19 tahun. "Tidak hanya kelebihan berat badan yang berhubungan dengan penurunan signifikan dalam usia harapan hidup, bahkan juga pengurangan yang lebih besar terhadap tahun-tahun hidup yang sehat," kata peneliti utama Dr Steven Grover.

Ini adalah fakta terkenal yang diketahui bahwa obesitas meningkatkan risiko penyakit kronis, terutama penyakit jantung, diabetes, stroke dan kanker. Dr David Katz, Direktur Yale University Prevention Research Center mengatakan, "Membalikkan dan mencegah obesitas akan memiliki arti langsung terhadap penambahan tahun hidup, dan tahun untuk hidup."

Sumber berita:

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/news/fullstory_149797.html