Artikel Berita

Obesitas Berkontribusi Pada Setengah Juta Kasus Kanker Setiap Tahun

Tercatat:  Senin, Desember 29, 2014

Peneliti dari International Agency for Research on Cancer menemukan bahwa indeks massa tubuh  (IMT) yang tinggi adalah penyebab dari hampir setengah juta kasus kanker di seluruh dunia per tahun.


Diterbitkan di Lancet Oncology, studi populasi melihat kejadian kanker dan indeks IMT pada orang dewasa berusia 20 tahun atau lebih. Mereka berasumsi terjadinya kanker dengan IMT yang tinggi periode 10-tahun. Mereka juga menguji dampak berbagai asumsi model. 

Studi ini menemukan bahwa IMT  yang tinggi adalah penyebab terjadinya 481.000 kasus kanker baru pada tahun 2012, kebanyakan di Amerika Utara dan Eropa. Kasus-kasus ini mewakili 3,6% dari kasus kanker baru pada tahun 2012. Mereka menemukan bahwa risiko lebih tinggi bagi perempuan, karena 5,4% dari kasus kanker yang berhubungan dengan obesitas dilaporkan pada wanita dibandingkan dengan 1,9% pada pria. 

"Beban penyebab kasus kanker lebih tinggi di negara-negara dengan indeks pembangunan manusia yang tinggi dan sangat tinggi. Corpus uteri, payudara pascamenopause, dan kanker usus besar menyumbang 63,6% dari kanker yang disebabkan tingginya IMT. Seperempat (118.000) dari kasus kanker yang berkaitan dengan IMT tinggi pada tahun 2012 dapat dikaitkan dengan peningkatan IMT sejak tahun 1982, "kata para peneliti.

Menurut penelitian PBB, sekitar 35% dari populasi orang dewasa di seluruh dunia diklasifikasikan sebagai kelebihan berat badan (IMT ≥25kg / m2), termasuk 12% dari orang-orang yang diklasifikasikan sebagai obesitas (IMT ≥30kg / m2). Para peneliti percaya bahwa hubungan antara obesitas dan kanker adalah sebab akibat dan karena itu adalah penting untuk mengekang angka kejadian obesitas untuk mengurangi beban masa depan karena kanker.

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa diklik pada :