Artikel Berita

Memilih Sayuran Hijau Untuk Kesehatan Evergreen

Tercatat:  Rabu, Januari 21, 2015

Pepatah lama selalu menyebutkan sayuran berdaun hijau sangatlah sehat dan sekarang 3 studi baru telah mendukung fakta kuno ini. Studi-studi ini telah mengungkapkan bahwa bahan kimia yang disebut nitrat yang dapat ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam, selada dan seledri dapat membantu kesehatan jantung dan mengurangi risiko obesitas dan diabetes.

Rincian 3 penelitian yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Penelitian pertama yang diterbitkan dalam The FASEB Journal menemukan bahwa konsumsi sayuran yang kaya nitrat membantu dalam penipisan darah dengan mengurangi produksi hormon yang disebut eritropoietin yang dibuat oleh hati dan ginjal. Protein ini mengatur produksi sel darah merah dalam tubuh. Nitrat dapat membantu dalam menurunkan ketebalan darah tanpa memberikan pengaruh buruk pada pengiriman oksigen. Dengan demikian dapat membantu dalam mencegah terjadinya bekuan dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

2. Studi kedua yang diterbitkan dalam The Journal of Physiology melihat bagaimana bila tikus pada ketinggian dapat memicu produksi sel darah merah. Mereka kemudian memberikan diet yang mengandung nitrat pada tikus tersebut, setara dengan peningkatan konsumsi sayuran berdaun hijau pada manusia. Studi ini menemukan bahwa tikus yang diberi makan nitrat dilaporkan memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap berbagai kondisi kesehatan buruk yang dapat terjadi pada jantung dan peredaran darah dibandingkan dengan tikus yang diberi diet bebas nitrat. Para peneliti menemukan bahwa nitrat meningkatkan produksi senyawa yang dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah. Selain itu, nitrat melindungi protein dalam sel-sel jantung yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

3. Studi ketiga yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes menemukan bahwa nitrat dapat membawa sel lemak putih yang “buruk” untuk proses pencoklatan, mengubahnya ke dalam sel beige yang menguntungkan. Sel-sel beige mirip dengan sel-sel lemak coklat, yang akan membakar lemak untuk menghasilkan panas. Peningkatan kadar sel-sel lemak coklat berhubungan dengan penurunan risiko obesitas dan diabetes. Oleh karena itu, para peneliti dalam penelitian ini mengeluarkan hipotesis bahwa adanya nitrat dalam diet dapat memberikan perlindungan terhadap kondisi ini.

Meningkatnya prevalensi diabetes, obesitas dan penyakit kardiovaskular merupakan masalah yang memprihatinkan. Setiap bukti yang mendukung konsep “hijau” ini pasti akan memperkuat peran mereka dalam kesehatan yang baik. So go green to lead an evergreen life!

Sumber berita :-Click Here!

http://www.medicalnewstoday.com/articles/286515.php