Artikel Berita

Memberikan Perspektif pada Penelitian Baru ke dalam Vitamin dan Nutrisi

Tercatat:  Selasa, Maret 11, 2014

Kepadatan nutrisi kritis yang esensial dalam makanan pendamping ASI bagi bayi

Oleh Michael McBurney

Sama seperti badai Sandy yang mengingatkan kita bahwa alam mengendalikan lingkungan kita dalam kehidupan kita, kita harus ingat bahwa bayi bergantung pada orang lain dalam hal nutrisi, setidaknya sampai mereka mampu mencari makanan sendiri. Sebuah laporan yang baru dalam European Journal of Clinical Nutrition membahas pentingnya kecukupan gizi pada dietanak.

WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif dalam jumlah tak terbatas pada 6 bulan pertama kehidupan dengan pengenalan makanan pendamping ASI mulai usia 6-24 bulan. Vossenaar dan rekan-rekannya mengidentifikasi kesenjangan nutrisi yang dialami bayi-bayi Guatemala. Mereka membuat model asupan bayi-bayi Guatemala dengan menggunakan perkiraan pertumbuhan dari komunitas mereka. Mereka menemukan bahwa asupan nutrisi yang direkomendasikan tidak memenuhi lebih dari setengah jumlah nutrisi yang dibutuhkan. Untuk anak perempuan, 6 atau lebih nutrisi (tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi dan zink) tidak cukup pada usia 7-9 bulan. Peneliti menyebutkan bahwa fortifikasi pangan yang dikonsumsi dari 6-24 bulan adalah syarat wajib untuk memastikan konsumsi jumlah mikro nutrisi yang direkomendasikan.

Penelitian ini diadakan sebelum publikasi oleh Vossenaar dan Solomon, dimana praktisi anak dan pembuat kebijakan nutrisi memikirkan kebutuhan untuk menggunakan fortifikasi rumahan atau MP-ASI yang belum difortifikasi untuk memastikan asupan mikro nutrisi selama 24 bulan pertama kehidupan.

Dan nutrisi ibu selama kehamilan dan menyusui seharusnya tidak diabaikan. Roberfroid dan rekan-rekannya melaporkan bahwa anak-anak yang ibunya menerima suplementasi mikro nutrisi dari UNICEF/WHO mengalami penurunan laju stunting sebesar 27% selama awal kehidupan.

Nutrisi selama 1000 hari pertama berpotensi mengubah kehidupan selamanya.

Kutipan

Vossenaar M, Hernandez L, Campos R, Solomons NW. Several ‘problem nutrients’ are identified in complementary feeding of Guatemalan infants with continued breastfeeding using the concept of ‘critical nutrient density’. 2012 EJCN online Nov 7.

http://www.dsm.com/campaigns/talkingnutrition/en_US/talkingnutrition-dsm-com/2012/11/20121108nutrientdensity.html