Artikel Berita

Masa kanak-kanak Rendah Vitamin D Dikaitkan Dengan Risiko Aterosklerosis Dewasa

Tercatat:  Kamis, Mei 07, 2015

Vitamin D dan hubungannya dengan kesehatan jantung telah menjadi topic dan penelitian yang cukup menarik. Menambah tubuh yang ada penelitian, sebuah studi baru menemukan bahwa kadar vitamin D aktif yang rendah rendah di masa kecil berhubungan dengan aterosklerosis sub klinis lebih dari 25 tahun kemudian di masa dewasa.

Studi ini mengevaluasi 2.148 subyek dari Risiko Kardiovaskular di Young Finlandia Study. Ini menguji hubungan antara tingkat vitamin D rendah yang rendah masa kanak-kanak dan meningkatnya karotid intima-ketebalan (IMT) pada masa dewasa. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Subjek berusia 3-18 tahun pada awal studi. Tingkat vitamin D pada masa kanak-kanak diukur dari serum yang disimpan dan subjek kembali diperiksa pada usia 30-45 tahun. IMT carotid diukur pada dinding posterior arteri karotis kiri menggunakan teknologi ultrasound.

Mereka menemukan bahwa subyek dengan kadar vitamin D 25-OH dalam kuartil terendah dalam masa kanak-kanak memiliki prevalensi lebih tinggi secara signifikan IMT berisiko tinggi sebagai orang dewasa. Para peneliti menemukan bahwa hubungan ini adalah bebas dari factor risiko kardiovaskular konvensional termasuk lipid serum, tekanan darah, merokok, diet, aktivitas fisik, indeks obesitas dan status social ekonomi.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki apakah kadar vitamin D rendah memiliki peran kausal dalam pengembangan peningkatan ketebalan arterikarotis. Namun demikian, pengamatan kami menyoroti pentingnya memberikan anak-anak diet yang mencakup cukup vitamin D," kata para peneliti.

Sumberberita :

http://www.sciencedaily.com/releases/2015/02/150210141736.htm