Artikel Berita

Malnutrisi Kehamilan dapat Berpengaruh pada Kesehatan Generasi Mendatang

Tercatat:  Rabu, Mei 21, 2014

Malnutrisi meskipun terjadi hanya pada beberapa minggu kehamilan dapat menyebabkan ‘efek domino’ yang mempengaruhi berat badan dan risiko penyakit pada generasi yang akan datang, menurut temuan terbaru pada tikus. Penemuannya, dipublikasikan di Cell Metabolism, menggunakan model tikus untuk meneliti bagaimana perubahan pada factor-faktor lingkungan di dalam rahim berhubungan dengan risiko penyakit metabolik, tidak hanya pada calon bayinya, namun juga calon cucunya.

Dipimpin oleh Josep Jiménez - Chillaron, Rumah Sakit Sant Joan de Deu di Spanyol, tim penelitian melihat pola ekspresi gen pada tikus, menemukan bahwa untuk tikus hamil yang kekurangan gizi - mengalami pembatasan kalori 50 % selama minggu terakhir kehamilan - bahwa anak-anak mereka berada di pertumbuhan pertama terbatas dan memiliki berat badan lahir rendah, tetapi juga kemudian menjadi obesitas dan diabetes ketika mereka berusia.

Secara mencolok, dalam efek domino, keturunan laki-laki pertumbuhan terbatas juga mewarisi kecenderungan untuk kelainan metabolik, kata tim.

" Dogma saat ini mengusulkan bahwa sebagian besar modifikasi epigenetik dalam sperma dan telur akan terhapus tepat untuk menghindari penularan perubahan berasal lingkungan. Tapi data kami menunjukkan bahwa beberapa modifikasi epigenetik disebabkan oleh lingkungan dapat ditularkan dan stabil dipertahankan pada generasi berikutnya, " kata Jiménez - Chillaron. "Hal ini dapat berkontribusi, sebagian, untuk transmisi risiko diabetes dari orang tua kepada keturunannya.

"Hal ini membuka kemungkinan bahwa predisposisi untuk beberapa penyakit kompleks mungkin diwariskan secara independen dari genetik seseorang, kata tim.

Namun, Jiménez - Chillaron mencatat bahwa penting untuk tidak langsung 'menyalahkan' orang tua seseorang (atau bahkan kakek-nenek) untuk penyakit : " Pandangan kami adalah bahwa kita mewarisi beberapa kecenderungan , tapi gaya hidup kita sendiri yang akan menentukan apakah risiko mewarisi benar-benar akan diterjemahkan ke dalam penyakit . Oleh karena itu, gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk mencegah berpotensi warisan atau diabetes predisposisi.

Akan dimuat dalam Cell Metabolism

http://www.sciencedirect.com/science/journal/15504131

Untuk keterangan lebih lanjut bisa di klik di tautan berikut : 

http://mobile.foodnavigator.com/Science-Nutrition/Maternal-malnutrition-may-influence-health-of-future-generations#.U3WPcdLilrU