Artikel Berita

Konsumsi Suplemen Vitamin D bersama dengan Makanan Mengandung Lemak untuk Penyerapan yang Baik

Tercatat:  Rabu, Januari 07, 2015

Untuk beberapa suplemen, waktu untuk konsumsi dapat membuat perbedaan pada absorbsinya. Para peneliti dari Universitas Tufts telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D bersama dengan makanan mengandung lemak dapat meningkatkan penyerapan vitamin tersebut sebesar 32% dibandingkan berbarengan dengan makanan bebas lemak.

Dipublikasikan dalam Jurnal The Academy of Nutrition and Dietetics, studi juga bertujuan untuk mengidentifikasi apakah rasio asam lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fatty Acids/MUFA) asam lemak tak jenuh ganda (Polyunsaturated Fatty Acids/PUFA) dalam makanan mempengaruhi penyerapan vitamin D.

Para peneliti merekrut 50 pria dan wanita paruh baya yang sehat untuk menjadi bagian dari studi 1 hari ini. Mereka kemudian dibagi menjadi 3 kelompok; kelompok pertama mengonsumsi makanan bebas lemak, sedangkan kelompok kedua dan ketiga dikonsumsi makanan dengan 30% kalori dari lemak. Makanan mereka berbeda dalam rasio MUFA ke PUFA. Kelompok kedua memiliki rasio MUFA ke PUFA rendah yaitu 1: 4, sedangkan kelompok ketiga memiliki rasio tinggi yaitu 4: 1. Semua peserta mengambil satu dosis vitamin D3 50.000 IU dalam bentuk bubuk bersama dengan makanan.

Studi ini menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan mengandung lemak dilaporkan memiliki absorpsi vitamin D lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok makanan bebas lemak. Tak hanya itu, kelompok yang sama juga dilaporkan absorpsi lebih besar pada 10 dan 14 jam yaitu 40% dan 25%. Bertentangan dengan harapan para peneliti, rasio MUFA ke PUFA tidak membuat perbedaan dalam tingkat absorpsi.

"Temuan ini meningkatkan pemahaman kita mengenai bagaimana komposisi makanan yang diambil dan hubungannya dengan absorpsi vitamin D. Studi ini memberikan alasan untuk merekomendasikan suplemen vitamin D bersamaan dengan makanan mengandung lemak. Hal ini juga mempengaruhi desain penelitian absorpsi penyerapan vitamin D mendatang", komentar Bess Dowson-Hughes, penulis utama studi tersebut.

Sumber berita: Klik Disini!

http://www.nutraingredients-usa.com/Research/Vitamin-D-supplements-should-be-taken-with-a-meal-to-boost-absorption-Study