Artikel Berita

Konsumsi Produk Susu untuk Jantung yang Sehat

Tercatat:  Rabu, Oktober 15, 2014

Mencari diet yang sehat untuk jantung? Pastikan Anda menambahkan produk susu dalam jumlah kecil dalam diet sehari-hari. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 5 saji produk susu dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi produk susu dihubungkan dengan rendahnya risiko kematian akibat penyakit jantung koroner, yang lebih penting lagi stroke. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Amerian College of Nutrition, untuk mendapatkan manfaat tersebut, seseorang harus mengonsumsi sejumlah kecil produk susu dan keju setiap harinya.

Penelitian selama dua dekade menganalisis pengaruh konsumsi produk susu pada kesehatan dan umur panjang pada 4000 penduduk Taiwan. Peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi produk susu 3-7 kali seminggu lebih mampu bertahan hidup dari penyakit jantung disbanding mereka yang tidak mengonsumsi produk susu. Mereka juga menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi produk susu, umum terjadi pada penduduk Taiwan, dilaporkan memiliki tekanan darah, indeks massa tubuh dan adiposit tubuh yang lebih tinggi disbanding mereka yang mengonsumsi produk susu.

Menurut peneliti, kandungan nutrisi dalam susu dan produk susu lainnya dapat mendukung pencegahan penyakit jantung. Konsumsi sejumlah kecil produk susu setiap hari (sekitar 5 saji  per minggu) dibutuhkan bagi jantung yang sehat. Satu saji setara dengan 8 gram protein – yang setara dengan satu cangkir susu atau 45 gram keju. Jumlah kecil tersebut dapat dikonsumsi bahkan oleh penderita intoleransi laktosa. “Jumlah yang kecil akan bermanfaat dan jumlah yang banyak tidak diperlukan”, kata Profesor Mark Wahqvist. 

Prevalensi penyakit jantung koroner semakin meningkat. Untuk melawan penyakit ini, seseorang harus mengonsumsi produk susu dan berolahraga. Seperti yang disarankan dalam penelitian ini, menambahkan sejumlah kecil produk susu dalam diet sehari-hari dapat dapat meningkatkan kesehatan.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat di klik pada tautan di bawah ini :

http://www.sciencedaily.com/releases/2014/09/140916102226.htm?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+sciencedaily/health_medicine/nutrition+(Nutrition+News+--+ScienceDaily)