Artikel Berita

Konsumsi Ikan Setiap Minggu dapat Mencegah Penuaan Otak

Tercatat:  Rabu, September 10, 2014

Makan ikan panggang atau kukus seminggu sekali dapat mencegah kehilangan komponen abu-abu yang berkaitan dengan usia, terlepas dari berapa banyak asam lemak omega-3 yang dikandungnya, menurut sebuah studi di Amerika. Para peneliti di University of Pittsburgh School of Medicine menguji 260 orang dengan fungsi  kognitif normal di atas usia 65 selama 10 tahun antara tahun 1989 dan 1999. Peserta diminta untuk mengisi kuesioner tentang konsumsi ikan mereka, melakukan  tes darah dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) pada otak mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah konsumsi ikan terkait dengan integritas struktural otak di antara orang tua dengan fungsi kognitif normal. 

Scan otak menunjukkan bahwa orang-orang dengan usia lebih dari 65 tahun yang makan ikan setiap  minggu memiliki volume komponen abu-abu yang lebih besar di area yang berfungsi untuk memori (4,3%) dan kognitif (14%). Mereka juga lebih cenderung berpendidikan tinggi dibandingkan mereka yang tidak makan ikan secara teratur. Komponen abu-abu terdiri dari badan sel saraf. Ini adalah sebuah komponen utama dari sistem saraf pusat yang terlibat dalam kontrol otot dan persepsi sensorik. 

"Studi kami menunjukkan bahwa orang yang makan ikan panggang atau kukus, tetapi tidak digoreng, memiliki volume otak yang lebih besar di area yang berhubungan dengan memori dan kognitif," kata James Becker, peneliti senior dan profesor psikiatri di Pitt School of Medicine. 

"Kami tidak menemukan hubungan antara kadar omega-3 dan perubahan otak ini, yang sedikit mengejutkan kami. Ini Hal ini membawa kita pada kesimpulan bahwa kita memasuki satu set gaya hidup yang mempengaruhi kesehatan otak dimana diet hanya sebagai satu faktor, "tambah Becker. 

Gaya hidup lebih dari sekedar  faktor biologis 

Diperkirakan bahwa lebih dari 80 juta orang akan menderita demensia pada 2040. Temuan menunjukkan bahwa faktor gaya hidup mempengaruhi kesehatan otak dan menambah bukti bahwa strategi pencegahan harus mulai dekade sebelumnya. 

"Studi kami menunjukkan bahwa faktor gaya hidup, dalam hal ini makan ikan, bukan faktor biologis yang berkontribusi terhadap perubahan struktural dalam otak," kata Becker. 

"Sebuah pertemuan faktor gaya hidup mungkin bertanggung jawab untuk kesehatan otak yang lebih baik, dan hal ini dapat mencegah atau menunda masalah kognitif yang dapat berkembang di kemudian hari," tambahnya 

Sumber:American Journal of Preventive Medicine, published online ahead of print 'Regular Fish Consumption and Age-Related Brain Gray Matter Loss' Authors: J.Becker et al.

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0749379714002578

http://www.nutraingredients.com/Research/Eating-fish-weekly-may-prevent-brain-ageing-Study