Artikel Berita

Kesehatan Hati yang Baik dalam Secangkir Kopi

Tercatat:  Rabu, Oktober 22, 2014

Siapa yang tidak suka bergelung di kursi malas dengan secangkir kopi panas sambil membaca sebuah buku yang menarik? Ternyata kegemaran mengonsumsi secangkir kopi dapat memberikan manfaat yang luar biasa – juga dapat meningkatkan kesehatan. Sebuah berita yang bagus untuk para pecinta kopi, penelitian terkini menemukan bahwa minum tiga atau lebih cangkir kopi reguler atau decaffeinated sehari berhubungan dengan peningkatan kesehatan hati. Walaupun studi terdahulu memperdebatkan efek manfaat dari kopi bagi kesehata hati, masih belum jelas apakah kopi decaf juga memberikan manfaat yang sama.

Diterbitkan dalam jurnal Hepatology, studi ini menggunakan data dari 1999-2010 US National Health and Nutrition Examination Survey. Hal ini termasuk informasi pada 27,000 subjek berusia 20 tahun dan lebih. Peneliti memonitor asupan kopi pada subjek menggunakan recall makanan 24 jam. Mereka juga mengukur kadar serum dari fungsi hati seperti alanine aminotransferase (ALT), aspartate aminotransferase (AST), alkaline phosphatase (ALP), dan gamma glutamyl transaminase (GGT) untuk menentukan kesehatan hati. Hasilnya menunjukkan bahwa subjek yang minum 3 cangkir atau lebih kopi sehari memiliki kadar keempat enzim hati yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Efek yang sama juga diamati pada subjek yang minum kopi decaf

“Penemuan kami menghubungkan konsumsi kopi dan kopi decaf untuk menurunkan kadar enzim hati. Data ini menunjukkan bahwa bahan-bahan di kopi, selain kafein, dapat mendorong kesehatan hati. Studi yang lebih lanjut disarankan untuk mengidentifikasi komponen ini,” menurut Dr. Qian Xiao, koordinator penelitian. 

Selain menurunkan risiko penyakit hati seperti non-alcoholic fatty liver disease, sirosis, dan kanker hati, konsumsi kopi juga berhubungan dengan penurunan risiko penyakit gaya hidup seperti diabetes dan penyakit jantung. Selain mengidentifikasi komponen menguntungkan selain kafein, studi ini juga memberikan kita alasan tambahan untuk menikmati minuman tercinta ini. 

Untuk studi lebih lanjut, dapat di klik di tautan berikut :

http://www.medicalnewstoday.com/articles/283750.php