Artikel Berita

Kehamilan yang Lebih Sehat dapat Mencegah Obesitas

Tercatat:  Rabu, Oktober 29, 2014

Meningkatnya angka overweight atau kelebihan berat badan pada anak-anak di seluruh dunia merupakan masalah kesehatan yang serius dan ada bukti yang meyakinkan bahwa ini mungkin sebagian disebabkan oleh pengaruh pemrograman pada masa bayi.

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa bayi dan balita dapat diprogram untuk menjadi kelebihan berat badan dan mengembangkan gangguan metabolisme di kemudian hari. Untuk meneliti hal ini lebih lanjut, sebuah proyek yang didanai Komisi Eropa, yang disebut Early Nutrition, telah mengumpulkan peneliti dari 36 institusi di 15 negara untuk mempelajari bagaimana program gizi di awal kehidupan dan faktor gaya hidup yang mempengaruhi tingkat obesitas dan gangguan terkait obesitas.

Salah satu penelitian terbarunya yang diikuti lebih dari 2.200 wanita gemuk selama kehamilan, dan menemukan bahwa beberapa intervensi sederhana dapat membantu mencegah berat badan lahir yang tinggi pada bayi baru lahir. Hal ini penting karena studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa bayi dengan berat lahir yang tinggi memiliki risiko lebih besar untuk menjadi gemuk pada masa anak-anak atau orang dewasa.

Dalam studi tersebut, setengah dari wanita hamil diberi nasihat dan dukungan untuk mengubah kebiasaan makan mereka dan meningkatkan aktivitas fisik mereka. Profesor Jodie Dodd, dari University of Adelaide, Australia merangkum hasil: "Bayi yang lahir dari ibu yang mendapat saran gaya hidup,  kemungkinannya 18% lebih kecil untuk memiliki berat lahir tinggi dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang mendapat perawatan standar."  

Baik obesitas pada anak-anak maupun pada orang dewasa menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar, mengurangi bayi dengan berat lahir tinggi merupakan salah satu strategi yang baik untuk mengatasi obesitas.

Hasil penelitian ini, bersama-sama dengan hasil lain dari Proyek Awal Gizi, yang sekarang telah diterbitkan di Annals of Nutrition and Metabolism – The Power of Programming 2014.

http://www.karger.com/Journal/Issue/261913?utm_source=CleverReach&utm_medium=email&utm_campaign=proceedings&utm_content=Mailing_8135248