Artikel Berita

Formula pHF-W dapat menurunkan dermatitis atopik secara efektif; Hasil studi terbaru

Tercatat:  Rabu, Oktober 01, 2014

Studi menemukan formula pHF-W dapat menurunkan dermatitis atopik  secara efektif. Dermatitis atopik (AD) adalah salah satu gangguan inflamasi kulit kronis berulang yang paling sering terjadi  pada bayi dan anak-anak.

Mengingat sifat kronis alaminya, AD menempatkan beban ekonomi yang signifikan pada keluarga dan anak-anak serta berpengaruh pada sistem kesehatan dan masyarakat secara keseluruhan.

Sebuah studi terbaru yang di Filipina dilakukan untuk menentukan efektivitas biaya mencegah kondisi ini pada bayi Filipina, yang tidak beruntung mendapatkan ASI eksklusif, dengan memberi mereka formula dengan berbasis whey 100% terhidrolisa parsial (PHF-W) dibandingkan susu formula standar. 

Model Markov digunakan dalam penelitian untuk mengetahui risiko AD dan jumlah hari yang diperkirakan dengan bayi-bayi tersebut mengalami gejala AD selama 6 tahun untuk hidup sehat dan berapa untuk bayi yang berisiko apabila mereka tidak mendapatkan ASI ekslusif.  Bayi-bayi tersebut  diberikan baik susu formula yang PHF-W atau formula sapi standar selama 17 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PHF-W memang efektif (dan dapat menghemat biaya) dibandingkan formula standar dan mengakibatkan penurunan 14% untuk kejadian AD antara bayi Filipina - menghasilkan pengurangan 22 hari bayi mengalami gejala AD.

Biaya yang lebih tinggi dari PHF-W diimbangi dengan biaya penurunan risiko AD. Total penghematan biaya sebesar US $ 237 per anak selama jangka waktu 6 tahun. 

Hasil ini memberikan bukti  manfaat pencegahan jangka panjang AD pada anak-anak.