Artikel Berita

Faktor Genetik dan Lingkungan: Perkembangan bayi dipengaruhi oleh gen dan kondisi dalam rahim

Tercatat:  Rabu, Mei 28, 2014

Sebuah penelitian terbaru yang dipimpin oleh A * STAR Singapore Institute for Clinical Sciences (SICS) menemukan bahwa genetika serta lingkungan berperan penting pada perkembangan bayi di dalam rahim. Upaya oleh tim ilmuwan internasional dan dokter adalah upaya pertama di dunia untuk menemukan bagaimana faktor genetik dan lingkungan mempengaruhi epigenome manusia. Hasilnya memiliki implikasi mendasar untuk bagaimana studi epigenetik akan dilakukan di masa depan dan untuk pemahaman kita tentang bagaimana nutrisi ibu dan gaya hidup dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan anak-anaknya.

Dalam penelitian ini, sampel jaringan tali pusat diambil dari 237 subjek dalam GUSTO Birth Cohort Study untuk diteliti profil epigenetiknya. Sementara perbedaan genetik saja menyumbang 25% dari variasi epigenetik, hingga 75% dapat dikaitkan dengan interaksi antara perbedaan genetik dan lingkungan prenatal. Ini berarti baik faktor prenatal dan genetik saling  berkaitan.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa beberapa faktor prenatal seperti ibu perokok, depresi ibu, berat badan ibu, berat lahir bayi, usia kehamilan dan urutan kelahiran mempengaruhi perkembangan janin. Studi ini menunjukkan bahwa tanda epigenetik yang pada bayi yang baru lahir kemungkinan besar didorong oleh kombinasi perbedaan genetik dan lingkungan di mana bayi berkembang sebelum kelahiran. Dengan demikian, studi masa depan pada variasi epigenetik manusia bisa mencakup penilaian berapa banyak pengaruh lingkungan dipengaruhi oleh perbedaan genetik. Penemuan ini dipublikasikan dalam biologi genom dan genom jurnal medis Genome Research.

Dipimpin oleh Senior Principal Investigator, Dr. Joanna Holbrook at A*STAR's SICS, dan kolaborasi dengan Yong Loo Lin School of Medicine, National University Health System, KK Women's and Children's Hospital, dan rekan dari negara lain seperti Canada, U.K., dan New Zealand, sampel  dari GUSTO Birth Cohort Study (lengkapnya dalamn Annex A) digunakan untuk penelitian ini  pada epigenetic penduduk Asia. 

" Data dari The GUSTO birth cohort adalah dataset yang sangat kuat untuk menyelidiki bagaimana pengalaman kami di bagian paling awal dari kehidupan kita, dalam kombinasi dengan gen kita, mempengaruhi kesehatan kita sepanjang masa. Kita melihat pesan-pesan dikirim melalui DNA. Kami mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang bagaimana produk evolusi manusia (gen kita) berinteraksi dengan keadaan kita saat dilahirkan, untuk membentuk kesejahteraan kita, "kata Dr Joanna Holbrook .

" Temuan ini mungkin merevolusi pemahaman kita tentang interaksi gen-lingkungan pada awal kehidupan dan menunjukkan jenis ilmu yang dapat dibawa ketika dokter, ilmuwan dasar, dan bio - informaticians bekerja sama, " kata Associate Professor Chong Yap Seng , GUSTO Memimpin Investigator dan Direktur Eksekutif Bertindak di SICS.

Profesor Keith Godfrey , Profesor Epidemiologi dan pembangunan manusia di Medical Research Council Lifecourse Epidemiology Unit, University of Southampton, mengulangi, " Epigenetika, dan khususnya tanda metilasi DNA, diperkirakan berhubungan dengan perkembangan bayi dalam kandungan dengan risiko obesitas dan penyakit jantung di kemudian hari. Penelitian ini memberikan bukti baru yang penting bahwa perubahan tetap dalam gen bayi hanya memiliki pengaruh yang sederhana pada profil epigenetik yang saat lahir dan bahwa sebagian besar variasi antara bayi muncul dari interaksi antara lingkungan yang dialami dalam rahim dan informasi genetik yang diwariskan dari orang tua. "

A. L. Teh, H. Pan, L. Chen, M.-L. Ong, S. Dogra, J. Wong, J. L. MacIsaac, S. M. Mah, L. M. McEwen, S.-M. Saw, K. M. Godfrey, Y.-S. Chong, K. Kwek, C.-K. Kwoh, S.-E. Soh, M. F. Chong, S. Barton, N. Karnani, C. Y. Cheong, J. P. Buschdorf, W. Stunkel, M. S. Kobor, M. J. Meaney, P. D. Gluckman, J. D. Holbrook. The effect of genotype and in utero environment on inter-individual variation in neonate DNA methylomes. Genome Research, 2014

http://genome.cshlp.org/content/early/2014/04/07/gr.171439.113

untuk keterangan lebih lanjut bisa di klik pada tautan di bawah ini : 

http://www.a-star.edu.sg/Media/News/Press-Releases/ID/2609/Nature-and-Nurture-Babys-development-is-affected-by-genes-and-conditions-in-the-womb.aspx