Artikel Berita

Diet Sehat Selama Pra-konsepsi Adalah Kunci Bagi Kesehatan Anak yang Optimal

Tercatat:  Rabu, Nopember 12, 2014

Semua orang tahu betapa pentingnya diet selama kehamilan, untuk kesehatan ibu dan anak. Sebuah editorial baru-baru ini telah menunjukkan bahwa untuk memastikan kesehatan anak yang optimal, seseorang harus mulai makan sehat bahkan jauh sebelum kehamilan dimulai, yaitu pada tahap pre-konsepsi. 

Editorial yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, berdampingan dengan meta-analisis dan review sistematis terbesar dari penelitian internasional mengenai intervensi diet pada ibu hamil 1978-2011. 

Para peneliti menyaring lebih dari 2.300 artikel yang dipublikasikan dan termasuk artikel yang melihat efek dari konseling diet dan / atau intervensi makanan terhadap kesehatan neonatal dan bayi. Meskipun data berlimpah, para peneliti menemukan bahwa tidak ada konsensus universal tentang bagaimana diet yang optimal bagi perempuan sebelum, selama, dan setelah kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa bayi berat lahir kecil lebih mungkin untuk masuk ke perawatan intensif neonatal dan status gizi ibu dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan bayi dan kesejahteraannya. Para peneliti menekankan diperlukan lebih banyak penelitian untuk diet pra-konsepsi melalui berbagai tahap kehamilan dan menyusui.

Profesor Keith Godfrey, dari University of Southampton dan salah satu penulis editorial, komentar, "Ulasan ini adalah yang terbesar hingga saat ini dan tidak hanya memberikan beberapa petunjuk untuk membantu meningkatkan kesehatan generasi berikutnya, tetapi juga menyoroti tantangan dalam memberikan saran untuk ibu hamil. Meskipun jelas bahwa diet selama kehamilan dapat mempengaruhi kehamilan secara langsung, jauh lebih sedikit yang diketahui tentang diet sekitar waktu pembuahan atau konsekuensinya bagi kesehatan anak di kemudian hari. Pemberian gizi tepat untuk ibu mungkin harus dipastikan bahwa semua perempuan memiliki akses ke diet yang cukup sebelum pembuahan, bukan hanya selama kehamilan."

Hal ini diketahui bahwa diet selama kehamilan dapat mempengaruhi hasil langsung. Namun, penelitian tambahan diperlukan untuk memahami efek dari diet sekitar waktu pembuahan. Mengetahui rincian ini akan memungkinkan para profesional kesehatan menentukan tahapan paling penting ketika intervensi diet dapat membantu, baik dalam tahap pra-konsepsi atau selama kehamilan.

Untuk studi lebih lanjut bisa di klik pada tautan berikut : 

http://www.nestlenutrition-institute.org/country/in/News/Pages/a-healthy-pre-conception-diet-is-the-key-to-optimum-child-health-says-study.aspx