Artikel Berita

Bagaimana cara untuk makan sehat?

Tercatat:  Rabu, Januari 07, 2015

Makan banyak dalam satu waktu adalah suatu keadaan emosional yang terjadi ketika seseorang merayakan suatu acara atau terjadi keadaan berkabung dengan jumlah makanan yang besar. Hal ini mengakibatkan timbulnya penyakit karena gaya hidup yang tidak sehat. Peneliti Amerika telah mengeksplor hubungan emosional ini dengan pilihan makanan dan menemukan bahwa melatih orang untuk menyadari emosi mereka adalah cara yang lebih baik untuk melawan keinginan memilih makanan yang tidak sehat.

Diterbitkan di Journal of Marketing Research, studi dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan pelatihan umum untuk menentukan emosi dasar pada diri mereka dan orang lain, sedangkan kelompok kedua tidak mendapatkan pelatihan apapun. Kelompok yang telah dilatih kemudian diberikan berbagai macam produk makanan dan kemasan, dan diminta untuk mengobservasi emosi dimana mereka dan yang lain telah berpengalaman dengan hal tersebut.

Setelah pelatihan, kelompok yang mengikuti pelatihan dan tidak mengikuti pelatihan diminta untuk memilih kudapan antara makanan sehat dan sebongkah cokelat. Peneliti menemukan bahwa mereka yang telah dilatih sebagian besar memilih kudapan sehat. Ketika kedua kelompok ditimbang setelah 3 bulan, peneliti menemukan bahwa peserta yang dilatih mengalami penurunan berat badan, sedangkan yang tidak dilatih tetap.

“Kami tidak hanya memperagakan bahwa kemampuan emosional dapat dilatih dan pilihan makanan dapat ditambah, tetapi juga bahwa pelatihan kemampuan emosional meningkatkan pilihan makanan pada program pelatihan pengetahuan gizi”, kata peneliti.

Walaupun program pendidikan konsumen tentang gizi sangat bermanfaat, kesadaran untuk sadar kepada keadaan emosional seseorang di meja makan dapa menjadi langkah awal pertama menuju makan sehat.

Sumber Berita :

http://www.sciencedaily.com/releases/2014/11/141111092827.htm